Berwisata Budaya ke Rumah Batik Jawa Timur yang Ada di Surabaya

Berwisata Budaya ke Rumah Batik Jawa Timur yang Ada di Surabaya
Berwisata Budaya ke Rumah Batik Jawa Timur yang Ada di Surabaya

PulanPergi.com – Datang ke Surabaya, akan sangat disayangkan jika tidak mampir ke wisata budayanya, yaitu Rumah Batik Jawa Timur. Tempat wisata di Surabaya ini bakal jadi tujuan wisata yang anti mainstream karena disini kita akan dapat mengenal ragam motif batik khas Jawa Timur. Batik telah menjadi satu warisan budaya Indonesia yang harus untuk dilestarikan terus. Pelestarian batik di berbagai daerah di Indonesia pun sudah begitu baik dengan terus berinovasi menghadirkan sebuah desain batik yang modern, sama halnya dengan batik Jawa Timur yang dikoleksi salah satunya di Surabaya ini. Dulu mungkin pakaian batik selalu diidentikkan dan hanya cocok untuk acara-acara resmi saja. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman, desain-desain baru batik pun sudah cocok untuk dikenakan di beragam kesempatan. Nah, oleh sebab itulah sangat disayangkan jika punya kesempatan datang ke Kota Pahlawan tapi tidak mampir kesini.

Rumah Batik Surabaya sendiri sebelumnya berlokasi di daerah Kapasari Genteng – Surabaya. Akan tetapi saat ini berpindah ke daerah Margorejo – Surabaya dikarenakan pengunjung yang dari hari ke hari semakin meningkat. Satu wisata di Surabaya yang mengangkat kebudayaan tradisional Indonesia ini punya banyak sekali koleksi batik khas dari berbagai daerah di Jawa Timur. Mulai dari batik Surabaya sendiri, kemdian Sidoarjo, Bangkalan, Mojokerto, Sumenep, Ponorogo, Tuban, Bojonegoro, Bangkalan, Jombang, Banyuwangi, Malang dan masih banyak lagi. Motif-motif batiknya pun punya ciri khas tersendiri. Jenis dari batiknya pun bermacam-macam. Ada batik tulis, batik cap dan lainnya. Para pengunjung bisa melihat-lihat dan jika tertarik untuk membawanya pulang bisa membelinya dengan ritel atau grosir. Yang lebih menarik lagi, pengunjung dapat melihat sekaligus belajar langsung untuk membuat batik pada kursus pembuatan batik yang dipunyai oleh Rumah Batik Jawa Timur ini. Sangat mengasyikan bukan ? Wisata di Surabaya yang anti mainstream ini memang bakal memberikan kesan menarik waktu berada di Surabaya.

Rumah Batik Surabaya buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 8 malam untuk hari biasa. Sementara untuk weekend sendiri tutup pada jam 7 malam. Nah, untuk pelatihan pembuatan batik sendiri dimulai pukul 10 pagi sampai 7 malam dengan ada waktu senggang untuk istirahat jam 12 hingga 1 siang. Rumah Batik ini selalu ramai didatangi pengunjung. Bahkan Rumah Batik Jawa Timur pernah menerima rekor MURI atas keberhasilan membuat batik logo kota Surabaya terbesar.

Be the first to comment

Leave a Reply