Cara Membuat Kopi Tubruk Paling Mudah Dengan Hasil Terbaik

kopi terenak disini

Kopi merupakan salah satu produk hasil perkebunan tanah air yang terkenal hingga mancanegara. Salah satunya adalah kopi luwak. Memang jika dilihat dari jumlah produksi, negara kita ini menempati posisi kedua sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Kita hanya kalah dari brasil yang menempati posisi kedua.

Nah untuk menikmati kopi ini, salah satunya bisa dilakukan dengan menubruk kopi. Cara membuat kopi tubruk yang paling sederhana sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan metode seduh. Karena kita tidak perlu menggunakan alat kopi, filter kopi ataupun mesin kopi untuk membuatnya. Nah yang kita butuhkan hanyalah kopi, gelas, air panas, dan sedikit perhitungan untuk mendapatkan cita rasa dan aroma yang mantap.

Cara Membuat Kopi Tubruk

kopi enak

Selain itu kopi tubruk ini juga tengah dinobatkan sebagai salah satu cara membuat kopi paling umum dengan cita rasa yang tak kalah enak. Meskipun sangat umum dan mudah, kita juga tak boleh hal mendasar dalam pembuatan kopi. Langsung saja berikut cara gampang bikin kopi tubruk khusus buat kalian.

  1. Air

 Untuk mendapatkan cita rasa yang kuat, gunakan air minum distilasi untuk menyeduh kopi karena tidak banyak mengubah rasa. Selain itu jangan sesekali menyeduh kopi pada sushu mendidih atau 100 derajat celcius. Seduhlah kopi dengan air bersuhu 90 derajat celcius. Atau jika kamu bingung, setelah air mendidih diamkan selama1,5 sampai 2 menit terlebih dahulu sebelum dituangkan.

  1. Kopi

Kunci dari kenikamatan kopi yang paling utama sebenarnya terletak pada biji kopi yang hendak diseduh. Pilih biji kopi yang segar dan baru digiling sesaat sebelum diseduh. Idealnya biji kopi dikatakan segar ketika belom sampai 2 bulan setelah proses sangria dan disimpan dalam wadah yang kedap udara. Dengan begitu kamu akan mendapatkan sensasi rasa kopi yang berbeda disbanding dengan kopi yang sudah lama disimpan.

  1. Tingkat kekasaran gilingan

Cara menikmati kopi tubruk mempunyai dua metode pilihan untuk ukuran kekasaran gilingan kopi yaitu kasar dan halus. Keduanya akan menghasilkan sensasi rasa yang berbeda. Untuk kopi yang digiling halus akan menghasilkan rasa yang pahit serta mudah larut. Sedangkan untuk kopi yang masih kasar mempunyai rasa pahit yang tipis dan sulit larut. Semuanya tergantung dari selera kamu.

Artikel Menarik : Kuliner Khas yang Harus Dicicipi Saat Datang ke Bali

  1. Rasio kopi, air dan waktu

Terakhir yang musti kita perhatikan yaitu rasio kopi, air dan waktu. Untuk menghasilkan cita rasa yang enak rasio yang benar adalah1gram kopi berbanding dengan 15 gram air, artinya bila kita membuat 225 gram kopi tubruk membutuhkan 15 gram kopi. Seduh selama 3-4 menit sebelum dinikmati.

Singkatnya hal yang musti kita lakukan yaitu:

  1. Masak air hingga mendidih, diamkan 1-2 menit
  2. Giling kopi dengan kehalusan sesuai selera
  3. Siapkan kopi sekitar 13-15 gram untuk 200-225 gram air
  4. Tuangkan air panas pada kopi sedikit saja, tunggu 30 detik
  5. Tuangkan air panas hingga sesuai takaran, 225 gram
  6. Tunggu kopi larut selama 4 menit
  7. Aduk dan biarkan ampasnya turun, selesai

Itulah cara membuat kopi tubruk. Sangat mudah, selain menikmati kopi tubruk, kita juga bisa menikmati kopi dalam berbagai olahan lain. termasuk untuk membuat kue, roti dan lainya. kita bahkan bisa menambahkan kopi sebagai salah satu bahan masakan daging. Hasilnya bakal lebih mantap.

Be the first to comment

Leave a Reply